Berita Pemerintah Kota Jambi

Pelatihan Gelombang II Pemkot Jambi di Singapura Resmi Ditutup, Kemenlu Singapura Apresiasi Wako Fasha

SINGAPURA – Kerjasama pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Jambi dengan Singapore Cooperation Programme berlangsung sukses.

Rangkaian kegiatan pelatihan gelombang ke 2 dengan materi Public Service and Human Resource yang diikuti sebanyak 25 orang ASN Pemerintah Kota Jambi selama 5 hari di Singapura itu resmi ditutup Jumat kemarin (10/3), sekitar pukul 4 sore waktu Singapura.

Sebelum ditutup secara resmi, instruktur dari Civil Service College Singapura menugaskan seluruh peserta untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah diberikan serta membuat action plan atau rencana kerja untuk diterapkan di instansi masing-masing.

Pelaksanaan pelatihan yang berlangsung sejak tgl 6 hingga 10 Maret 2017 di CSC (Civil Service College) & NTU (Nanyang Technological University) Singapura itu berlangsung dengan sangat baik.

Pada saat prosesi penutupan (closing ceremony), Mrs. Flyn Ong, Wakil Direktur Civil Service College Singapura yang juga mewakili Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Singapura yang menangani Singapore Cooperation Programme (SCP), dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang menurutnya sangat kreatif dan pandai memanfaatkan peluang.

Flyin mengatakan kerjasama pelatihan kompetensi dengan Singapore Cooperation Programme yang sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Singapura itu menurutnya terbatas serta sangat selektif, tidak semua daerah/negara yang mengusulkan dapat dipenuhi. Kota Jambi termasuk yang terpilih mengikuti program itu.

Ia juga mengapresiasi peserta dari Pemerintah Kota Jambi yang selama ini menurutnya sangat baik, ramah, disiplin, rajin serta memiliki respon yang sangat tinggi dalam menerima pelajaran.

Flyin juga kembali menawarkan peningkatan kerjasama pelatihan SDM aparatur Pemerintah Kota Jambi pada masa yang akan datang dengan berbagai macam materi pelatihan baik reguler maupun costumize.

Sementara itu atas nama Pemerintah Kota Jambi, Subhi, S.Sos, MM, yang juga sebagai peserta SCP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Jambi memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kerjasama peningkatan SDM ASN Pemkot Jambi itu dengan baik, terlebih lagi karena kegiatan pembelaran yang berlangsung di Singapura itu tidak menggunakan APBD Kota Jambi, namun sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Singapura.

Subhi yang juga kepala Dinas Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah itu juga mengapreaiasi materi yang diberikan karena sangat variatif dan terkini. Ia juga berharap peserta dapat mengaplikasikan ilmunya untuk membangun kota Jambi.

“Kami melihat Singapura ini dalam waktu singkat mampu mengubah mindset aparaturnya dan menjadi negara yang sangat maju dengan manajemen yang serba modern dan canggih. Itu karena berkat kerja keras, disiplin yang tinggi, kreatif, inovatif serta juga didukung dengan kesadaran kolektif warganya untuk maju,” ujar Subhi. 

Subhi menambahkan,Singapura juga sangat tepat menjadi locus pelatihan peningkatan kompetensi ASN dalam program SCP karena Singapura memiliki kesamaan dengan Kota Jambi, sama-sama mengandalkan potensi perdagangan dan jasa.

Diakhir acara penutupan itu, penyelenggara dari Civil Service College atas nama Pemerintah Singapura menyerahkan sertifikat pelatihan kepada masing-masing peserta yang telah mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan baik.

Sebagaimana diketahui saat proses pembelajaran berlangsung di Singapura, Wali Kota Jambi Syarif Fasha sempat melakukan inspeksi mendadak di kampus tempat proses pembelajaran berlangsung.

Selain juga memberikan motivasi kepada para stafnya, Wali Kota Fasha yang sempat masuk kedalam kelas juga menyampaikan apresiasinya kepada instruktur dan penyelenggara.

Disela-sela kunjungannya pada Rabu siang (8/3) tersebut, Wali Kota Fasha sempat memenuhi undangan dari Kemenlu dan Kemenhan Singapura. Dalam pertemuan dengan Senior Minister of State, Ministry of Defence and Ministry of Foreign Affairs atau Menteri Negara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura DR. Mohammad Maliki Osman itu, kedua pejabat membicarakan tentang peningkatan kerjasama antara Permerintah Kota Jambi dengan Pemerintah Singapura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

jambikota.go.id

Pemerintah Kota Jambi

Jl. Jend.Basuki Rahmat no.1 Kotabaru, Jambi - Indonesia 36128

Telp/Fax : (0741) 444 953

E-mail : diskominfo@jambikota.go.id.

Arsip Berita

Copyright © 2018 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi

To Top