Berita Pemerintah Kota Jambi

Buktikan Janjinya, Fasha Resmikan Rumah Tenun di Danau Sipin

“Angkat Potensi Ekonomi Kreatif Danau Sipin”

JAMBI – Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, benar-benar telah menepati janjinya. Berbagai kegiatan pembangunan berlangsung sangat pesat di 11 kecamatan dalam Kota Jambi. Setidaknya hal itu juga tampak jelas di kampung Pulau Pandan dan Danau Sipin Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

Baru saja meresmikan Jembatan Pelangi minggu lalu, kini Fasha meresmikan pula sentra ekonomi masyarakat “Rumah Tenun” di kawasan tersebut. Prosesi peresmian yang dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota dan pemotongan pita oleh Ketua DWP Kota Jambi tersebut berlangsung, Kamis pagi (21/12).

Peresmian Rumah Tenun Jambi Bangkit yang turut dihadiri GM PT. Telkom Indonesia Cabang Jambi, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Disperindag, Camat, Forkompimcam, Lurah, unsur Dekranasda, PKK, DWP, para pelaku ekonomi serta pengrajin UMKM setempat tersebut sekaligus membuktikan komitmen Pemerintah Kota Jambi dalam memberdayakan masyarakat dengan menggali potensi sumber daya ekonomi setempat dengan memperhatikan kearifan lokal.

Suka cita warga pun tampak dalam acara itu. Karena dengan difasilitasi Rumah Tenun tersebut, sudah barang tentu akan memudahkan produksi sekaligus pemasaran produk tenun warga. Terlebih lagi, Rumah Tenun itu pun juga diyakini memiliki daya tarik wisata tersendiri di kawasan Danau Sipin.

Bersamaan dengan peresmian Rumah Tenun Jambi Bangkit tersebut, Wali Kota Fasha juga meresmikan sekaligus 2 lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL), yakni PKL Koperasi Karya Bhakti Cempaka 2 kelurahan Paal Lima Kecamatan Kotabaru dan kawasan PKL Koperasi Gentala Arasy di Kelurahan Mudung Laut Kecamatan Pelayangan.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya, mengatakan, UMKM merupakan salah satu sektor strategis di Kota Jambi. Karena UMKM juga merupakan sektor riiI yang menyumbang peran besar pada PDRB Kota Jambi.

“Ada lebih dari 10.000 UMKM yang menopang pembangunan ekonomi Kota Jambi. Oleh karenanya pendirian Rumah Tenun yang dibiayai dari APBD Kota Jambi ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan Pemerintah Kota Jambi dalam mendukung pengembangan usaha ekonomi kreatif yang ada di Kota Jambi. Alhamdulillah, yang ditunggu-tunggu warga disini sudah siap untuk digunakan dan semoga bermanfaat,” ujar Fasha.

Fasha menambahkan, Rumah Tenun juga bisa di jadikan tempat belajar dan berlatih tidak hanya terkait tenunan namun juga industri kreatif lainnya. Sehingga pengerajin dan UMKM Kota Jambi juga akan berkembang dengan baik. Fasha juga berharap warga setempat dapat memanfaatkan serta memelihara Rumah Tenun tersebut dengan baik.

Sebagaimana diketahui, dukungan Pemerintah dengan mendirikan Rumah Tenun untuk para pengerajin dan pembangunan kios PKL di dua titik tersebut merupakan wujud dukungan dari Pemerintah Kota Jambi terhadap pengembangan UMKM. Dukungan tersebut memang di berikan secara bertahap. Tapi dalam Visi Misi Pembangunan Kota Jambi, pengembangan UMKM merupakan kegiatan yang mendapat prioritas penuh dari pemerintah.

Usai meresmikan Rumah Tenun Jambi Bangkit, Wali Kota Fasha melakukan peninjauan di beberapa area dalam gedung. Fasha juga sempat menyaksikan penggunaan fasilitas dan demo yang dilakukan oleh pengerajin. Ia juga menginstruksikan instansi terkait untuk menambah fasilitas yang diperlukan guna menunjang pemanfaatan Rumah Tenun tersebut.

Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan bantuan pinjaman Mitra Usaha Binaan dari PT. Telkom Indonesia Tbk untuk UMKM di Kota Jambi senilai 915 juta rupia, yang diserahkan secara langsung oleh GM PT. Telkom Indonesia Witel Jambi Epi Antonius.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

jambikota.go.id

Pemerintah Kota Jambi

Jl. Jend.Basuki Rahmat no.1 Kotabaru, Jambi - Indonesia 36128

Telp/Fax : (0741) 444 953

E-mail : diskominfo@jambikota.go.id.

Copyright © 2018 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi

To Top