Berita Pemerintah Kota Jambi

Wali Kota Fasha Salurkan Bantuan Duafa, Petugas Syara dan Renovasi Masjid

Fasha : “umat tidak hanya shaleh secara individual semata, tetapi juga shaleh secara sosial”

JAMBI – Rasa empati dengan berbagi dan menolong sesama yang membutuhkan bantuan sudah menjadi tradisi di lingkungan Pemerintah Kota Jambi. Hal itu terus ditanamkan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam berbagai kesempatan, termasuk dalam aktifitas sosial bersama Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah (Baznas) Kota Jambi.

Wali Kota Jambi yang juga bertanggung jawab sebagai Pembina Baznas Kota Jambi tersebut, senantiasa memperkuat lembaga syari pengentasan kemiskinan itu dengan berbagai kreasi dan inovasi. Wali Kota Syarif Fasha juga dikenal sebagai kepala daerah yang getol menghimbau ASN Pemkot Jambi untuk taat dan tertib menyalurkan kewajibannya mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah.

Untuk memperkuat itu, Wali Kota Fasha pun menerbitkan regulasi dalam bentuk Peraturan Wali Kota. Dampak positifnya pun saat ini semakin dirasakan, selain penyaluran zakat, infaq dan sedekah sudah mulai menyentuh dan merata, jumlah Musytahiq (pembayar zakat-red) pun semakin meningkat, hingga pendapatan Baznas pun terus naik.

Saat menghadiri penyaluran bantuan Baznas kepada kaum dhuafa, petugas syara’ dan bantuan renovasi masjid, yang berlangsung di sekretariat Baznas Kota Jambi, Kamis (21/12), Wali Kota Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena saudara-saudara kita ini bisa diberikan bantuan guna menambah kebutuhan biaya hidupnya. Pemerintah Kota Jambi dan saya selaku Pembina Baznas, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Baznas Kota Jambi, atas perhatiannya kepada para kaum dhuafa, imam rawatib masjid, para pelaksana fardu kifayah, bantuan untuk guru ngaji, dan bantuan renovasi Masjid, termasuk juga menggelar khitanan masal beberapa waktu lalu, yang mana hal tersebut telah mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Jambi,” ujar Fasha.

Fasha juga mengatakan, agama Islam mengajarkan setiap pemeluknya agar senantiasa peduli dan berempati terhadap kesulitan dan penderitaan orang lain. Menurut Fasha, Islam tidak hanya mengharapkan umatnya menjadi orang yang shaleh secara individual semata, tetapi juga shaleh secara sosial.

“Artinya, Islam mengharapkan pemeluknya bukan hanya menjadi orang yang yang taat dan rajin beribadah kepada Allah saja. Tetapi juga bermanfaat untuk orang Iain dan masyarakat. Oleh karena itu, Allah SWT menyebut orang yang tidak peduli terhadap orang-orang miskin, dhuafa dan anak yatim sebagai orang “pendusta agama”, tegas Fasha.

Fasha berharap, meskipun bantuan tersebut terbatas dan belum dapat mememuhi semua harapan, setidaknya bantuan tersebut dapat bermanfaat guna meringankan beban hidup, memberikan motivasi, serta juga mengangkat harkat hidup kaum dhuafa.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua Baznas Kota Jambi, H. Syamsir Naim, dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan penyerahan bantuan Baznas ini selain melaksanakan tugas dan fungsi Baznas juga sebagai upaya meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan. Syamsir Naim juga menjelaskan penerima dan jumlah bantuan sebanyak 738 penerima manfaat dengan total anggaran yang disalurkan sebesar 763 juta rupiah.

“Bantuan Baznas yang disalurkan ini, meliputi, Duafa sebanyak 400 orang dengan bantuan masing-masing senilai 500 ribu rupiah, petugas Fardhu Kifayah sebanyak 75 orang masing-masing menerima 1 juta rupiah, sementara itu untuk Imam Rawatib sebanyak 73 orang dengan bantuan masing-masing 1 juta rupiah. Untuk Guru Mengaji dengan jumlah sebanyak 50 orang masing-masing juga menerima 1 juta rupiah. Selain itu juga ada kegiatan sunatan masal sebanyak 100 orang anak masing-masing anak 400 ribu rupiah. Juga ada bantuan untuk penyandang cacat dengan total sebesar 12 juta rupiah,” terangnya.

Syamsir Naim, menambahkan, Baznas Kota Jambi juga menyalurkan bantuan modal usaha untuk 40 orang masing-masing mendapat bantuan sebesar 5 juta. Selain itu juga ada bantuan renovasi 25 masjid dengan bantuan yang diterima masing-masing 5 juta rupiah.

Penyaluran bantuan Baznas yang berlangsung di sekretariat Baznas Kota Jambi di Kotabaru tersebut berlangsung haru dan khidmat. Sebagian penerima manfaat dari kaum dhuafa bahkan sempat meneteskan air mata, saat Wali Kota Fasha menyalurkan secara langsung bantuan tersebut.

Sumber: Bag. Humas Setda Kota Jambi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

jambikota.go.id

Pemerintah Kota Jambi

Jl. Jend.Basuki Rahmat no.1 Kotabaru, Jambi - Indonesia 36128

Telp/Fax : (0741) 444 953

E-mail : diskominfo@jambikota.go.id.

Copyright © 2018 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi

To Top