Berita Pemerintah Kota Jambi

Pastikan Relokasi Lancar, Fasha Sidak Pasar Induk Paal 10 dan Angso Duo

Rifai : “Kami enak lah dagang siko daripado di Angso Duo lamo,”

JAMBI – Guna memastikan relokasi pedagang besar (agen dan sub agen) berjalan lancar, Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, langsung turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Induk Paal 10 dan Pasar Angso Duo, Sabtu malam (23/12) hingga dini hari, Minggu (24/12).

Wali Kota Fasha yang didampingi jajaran Pemerintah Kota Jambi, unsur TNI dan Polri melakukan sidak usai menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Ikhsaniyah Seberang Kota Jambi.

Dalam sidaknya tersebut, Fasha juga memantau kondisi sarana prasarana pendukung pasar yang ditujukan bagi pedagang partai besar, agen dan sub agen tersebut. Dari pantauannya, ada beberapa sarana penunjang yang akan segera ditambah, seperti penerangan jalan di beberapa titik dan container sampah.

“Dalam pantauan kami hampir seluruh pedagang besar telah masuk kesini. Mumpung hari pertama, kami langsung evaluasi beberapa kekurangan sarana penunjang di pasar ini, seperti penerangan dan sarana persampahan. InsyaAllah besok langsung dikerjakan untuk dipenuhi,” ujar Fasha.

Sementara itu, pantauan dilapangan, proses pemindahan atau relokasi agen besar dan sub agen yang biasa melakukan bongkar muat di sepanjang jalan Pasar Angso Duo tersebut berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Bahkan para pedagang turut memberikan apresiasi atas kebijakan tersebut. Mereka menyatakan lebih nyaman di Pasar Induk Pal 10 dibandingkan Pasar Angso Duo Lama.

Rifai, salah seorang agen besar yang mulai berjualan di Pasar Grosir tersebut, turut urun suara menyatakan dukungannya atas kebijakan Pemkot Jambi tersebut.

“Kami dukung program pemerintah pindah dari Pasar Angso Duo ke Pasar Induk Paal 10 ni. Namonyo baru pendah. Kami minta fasilitas ditambah lagi, kebersihan, keamanannyo jugo. Kami maklum lah, namonyo baru pindah dak mungkin nak lengkap galoe. Kami enak lah dagang siko daripado di Angso Duo lamo,” ujar agen sayur itu.

Usai meninjau Pasar Induk Paal 10, Wali Kota Fasha melanjutkan sidaknya ke Pasar Angso Duo. Tampak di depan Masjid Agung Al-Falah, Tim Gabungan Pemkot Jambi menghentikan berbagai kendaraan pengangkut sayuran dari berbagai daerah luar Kota Jambi.

Petugaspun mengarahkan seluruh kendaraan yang melansir berbagai komoditi pasar tersebut ke lokasi baru, Pasar Iduk Paal 10. Kendaraan tersebut pun tampak seluruhnya mematuhi ketentuan tersebut yang diarahkan petugas terpadu.

Dalam pantauan hingga tengah malam tadi, secara umum kondisi Pasar Angso Duo telah kondusif, tertib dan lalu lintas pun berjala lancar sesuai dengan harapan masyarakat pengguna jalan. Di lokasi tersebut Wali Kota Fasha juga tampak sempat berbincang dengan para pedagang Angso Duo, yang diantaranya meminta Fasha tegas menertibkan sebagian pedagang yang masih berjualan di jalan.

“Saya sudah ke Pal 10 ratusan mobil dan agen-agen juga sudah sebagian besar ke sana semua, tapi ini masih malam pertama mudah-mudahan malam besok dan malam seterusnya sudah ke pasar induk semua, dan ini akan kita kosongkan, tidak ada lagi transaksi malam disini termasuk Pasar Induk Talang Banjar tidak ada lagi transaksi malam, semua ke Pasar Induk Paal 10, pedagang belanjanya ke sana. Jadi kalau pagi besok jam 3 atau jam 4 subuh boleh melansir ke pasar masing-masing pedagang. Apakah ke Pasar Talang Banjar, Pasar Keluarga maupun Angsa Duo, silakan di lansir pagi-pagi. Malam semua mobil harus ke pasar Induk Paal 10. Untuk pedagang malam ini yang masih berdagang kami masih perbolehkan untuk malam ini dan besok silahkan melihat-melihat lokasi di Paal 10, silahkan pilih tempatnya nanti di sana, tidak ada pungutan, semua gratis!” jelas Fasha.

Fasha juga mengharapkan kerjasama seluruh pedagang Angso Duo dan pedagang di pasar lain untuk mematuhi ketentuan tersebut untuk kenyamanan bersama.

Sebelumnya, pada sore harinya (23/12), Wali Kota Fasha memimpin langsung apel kesiapan Tim Gabungan Relokasi Pedagang Grosir Angso Duo, bertempat di Lapangan Kantor Wali Kota Jambi.

Apel yang diikuti oleh sejumlah pejabat Kota Jambi seperti, Sekda Kota Jambi, Asisten Sekda, Staf Ahli, unsur TNI / Polri, Salpol PP Kota Jambi, Dishub Kota Jambi serta para Agen dan Sub Agen pasar Angso Duo.

Dalam arahannya, Wali Kota Fasha mengungkapkan bahwa kondisi fisik Pasar Induk Paal 10 Kota Jambi saat ini telah siap sepenuhnya dioperasikan. Para ASN Pemkot pun telah bergotong royong menyiapkan pasar bagi pedagang grosir di Kota Jambi tersebut.

“Pasar Angso Duo diperuntukkan bagi pedagang lama di Angso Duo yang selama ini berjualan hingga ke badan jalan. Pasar Angso duo akan dibongkar, untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan area parkir,” jelas Fasha.

Lebih lanjut, Wali Kota Fasha juga menegaskan tidak akan ada lagi agen yang diperbolehkan berjualan di Pasar Angso Duo. Seluruhnya akan direlokasi ke Pasar Induk Grosir Paal 10.

“Untuk pedagang yang malam, akan kami tawarkan di Pasar Induk Paal 10, tujuannya kami ingin mengangkat ekonomi pedagang dan masyarakat Kota Jambi,” tambahnya.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

jambikota.go.id

Pemerintah Kota Jambi

Jl. Jend.Basuki Rahmat no.1 Kotabaru, Jambi - Indonesia 36128

Telp/Fax : (0741) 444 953

E-mail : diskominfo@jambikota.go.id.

Copyright © 2018 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi

To Top