Berita Pemerintah Kota Jambi

Sambut Pergantian Tahun, Pemkot Gelar Hiburan Rakyat dan Tabligh Akbar

Fasha apresiasi partisipasi warga dalam pembangunan dan ajak sambut tahun baru dengan optimis

JAMBI – Malam pergantian tahun baru di Kota Jambi berlangsung meriah. Pemerintah Kota Jambi sengaja memanjakan masyarakatnya dengan mengelar 2 acara sekaligus pada malam menyambut tahun baru itu

Pemkot menggelar acara hiburan dan zikir secara bersamaan di 2 tempat yang berbeda. Kota Jambi Berzikir yang dikerjasamakan dengan Majelis Dzikir dan Maulid Qalbun Salim yang mengambil tempat di halaman parkir Stadion Tri Lomba Juang (KONI), berlangsung selepas sholat Isya dan dihadiri ribuan jamaah dari berbagai majelis taklim se-Kota Jambi. Untuk menambah meriah dan khidmatnya tabligh dan zikir tersebut, Pemkot sengaja mendatangkan penceramah kondang dari Jakarta Habib Muhammad bin Taufiq Syahab pimpinan Majelis Zikir dan Shalawat Al-Anwar Jakarta.

Acara yang dimulai dengan pembacaan Maulid Simtuddurar, dilanjutkan dengan zikir dan tausiah itu turut dihadiri Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME. Kehadiran Wali Kota Fasha yang disambut lantunan marhaban dari ribuan jamaah tersebut menambah kekhusuyukan acara tabligh akbar tersebut.

Dalam sambutannya dihadapan ribuan jamaah, Wali Kota Fasha mengajak segenap masyarakat muslim untuk terus bersyukur atas nikmat yang telah diberikan sepanjang tahun 2017 lalu, sekaligus melakukan instrospeksi diri dengan hijrah menjadi insan yang lebih baik di tahun 2018.

“Hakikat pergantian tahun adalah hijrah, esensinya adalah muhasabah dan introspeksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya dan bermanfaat bagi manusia lainnya, oleh karenanya tabligh akbar dan zikir ini diharapkan menjadi salah satu media mencapai tujuan tersebut,” ujar Fasha.

Fasha juga mengapresiasi kegiatan tabligh akbar dan zikir bersama tersebut. Ia berharap kegiatan yang telah rutin dilakukan itu terus lestari di Kota Jambi dalam setiap momentum pergantian tahun baru.

“Saya mengapresiasi kegiatan kegamaan dalam menyambut pergantiam tahun ini. Sudah 4 tahun selama kepemimpinan saya agenda seperti ini rutin kita lakukan, dan tahun depan insyaAllah kegiatan ini akan dibuat lebih besar dari sebelumnya,” tambah Fasha.

Selain dihadiri ribuan jamaah dari berbagai masjid dan majelis taklim se-Kota Jambi, turut pula hadir dalam acara yang bertemakan Kota Jambi Berdzikir itu, Wakil Ketua Dewan Masjid Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Jambi H. Mukhlis A Muis, Kabag Kesra Hendi Sauky, Camat Pasar serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Pasar.

Sementara itu pentas hiburan rakyat yang digelar di kawasan Kotabaru tampak dipadati puluhan ribu warga. Acara hiburan rakyat yang mendatangkan artis Ibukota itu juga dirangkai dengan peresmian Tugu Keris Siginjai icon baru kebanggan warga Kota Jambi. Bersamaan dengan itu juga dilakukan penyerahan apresiasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 kepada manajemen objek wisata Kampoeng Radja sebagai objek wisata terbersih se-Indonesia.

Pada panggung acara yang bertemakan Malam Gelar Seni Budaya Tanah Pilih Pusako Batuah itu, selain diisi hiburan juga dilakukan pembacaan doa bersama lintas agama yang kemudian diakhiri dengan selebrasi kembang api.

Wali Kota Syarif Fasha yang hadir dalam acara itu, tampak naik keatas pentas secara bersamaan dengan unsur Forkompimda. Dalam sambutannya, Wali Kota Fasha menyapa puluhan ribu massa yang hadir dalam acara itu. Ia juga menyampaikan apresiasinya atas partisipasi aktif warga Kota Jambi dalam berbagai kegiatan pembangunan.

“Kami merasa bersyukur karena sepanjang tahun ini, warga Kota Jambi aktif turut serta dalam berbagai kegiatan pembangunan seperti Bangkit Berdaya, Kampung Bantar dan lainnya. Ini pertanda peduli dan rasa bangga menjadi warga Kota Jambi terus meningkat, yang itu juga disebabkan karena aktifitas pembangunan yang pesat dari tahun ke tahun,” ujar Fasha.

Selain mengajak melakukan introspeksi diri, Fasha juga minta warga Kota Jambi agar optimis menghadapi tahun baru dengan karya dan prestasi.

“Mari kita sambut tahun baru 2018 dengan optimis, percaya diri, dengan karya dan prestasi yang lebih baik,” harap Fasha.

Sementara itu dengan diresmikannya Tugu Keris Siginjai, di kawasan Pedesterian Jomblo itu, Fasha berharap kawasan favorit di Kota Jambi itu selain semakin memperkuat identitas daerah, juga akan menjadi menjadi pusat wisata utama dan hiburan di Kota Jambi. Karena Tugu Keris Singinjai setinggi 28 meter dengan ormamen khas daerah dan atraksi air mancur serta permainan lampu hias yang menawan tersebut diyakini mampu menjadi daya tarik tersendiri. Fasha juga berharap masyarakat tidak hanya bangga dengan icon baru itu namun juga harus mampu menjaganya dengan baik.

Ditempat yang sama Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Tanah Pilih Kota Jambi H. Azrai Albasyari menyampaikan apresiasinya atas peresmian Tugu Keris Siginjai tersebut. Menurut Ketua LAM Kota Jambi bergelar Datuk Setio Junjung Peseko itu, Tugu Keris Siginjai memang sudah lama dinanti oleh masyarakat kota Jambi.

“Sudah lama dinanti masyarakat Kota Jambi, sebab Keris Siginjai memiliki nilai sejarah bagi Kota Jambi. Kita harus bangga dengan pembangunan icon wisata kota Jambi terbaru ini. Keris ini menjadi sejarah bagi Jambi,” ujar Azrai.

Selain dihadiri puluhan ribu massa, tampak pula hadir dalam acara pergantian tahun baru dikawasan Tugu Keris Siginjai tersebut, Wakapolda Jambi Kombes Pol. Ahmad Haydar, Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzi Dalimunthe, Dandim 0415 / Bth Letkol Inf Denny Noviandi, Dan Denpom II/2 Letkol CPM Ahmad Berkah, sejumlah unsur Forkompimda lainnya, serta Sekretaris Daerah Kota Jambi beserta jajaran Pemkot Jambi.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top