Berita Pemerintah Kota Jambi

Car Free Night Wadah Berkumpulnya Kreatifitas Warga Kota Jambi

Wali Kota Jambi resmikan Malam Tanpa Kendaraan di Kawasan Tugu Keris Siginjai

Jambi- Seorang pemimpin tidak hanya dituntut mampu membangun rupa infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan aspek pembangunan lainnya. Seorang pemimpin turut pula dituntut untuk dapat membangun rasa bahagia masyarakatnya.

Hal itu sepertinya yang dilakukan oleh seorang Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam memimpin Kota Jambi. Wali Kota Fasha menepati janjinya untuk membahagiakan masyarakatnya, dengan memberikan beragam wahana hiburan rekreasi gratis bagi masyarakatnya.

Sabtu malam (10/2), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha meresmikan kawasan Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru Jambi sebagai kawasan bebas tanpa kendaraan (Car Free Night/CFN).

Malam peresmian yang turut dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kota Jambi, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M. For. Sc., Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Kepala OPD dan ribuan masyarakat yang memadati CFN tersebut, ditandai dengan penabuhan drum oleh Wali Kota Jambi, menandai dimulainya kawasan tersebut sebagai kawasan malam tanpa kendaraan di Kota Jambi.

Malam peresmian makin semarak dengan hadirnya penampilan seni tarian tim kesenian Tanah Pilih Kota Jambi, pertunjukan alat musik tradisional oleh sanggar seni anak, serta fashion show busana etnik oleh anak-anak.

Disisi lainnya, beragam komunitas menampilkan berbagai ekspresi kreatifitas masing-masing, seperti musik orkestra, komunitas pencak silat Islami Al Hikmah kolaborasi Front Pembela Islam (FPI) dan Himpunan Keluarga Kerinci (HKK), komunitas pecinta reptil, komunitas stand up komedi, penampilan musik band, dan beragam kreatifitas masyarakat lainnya.

Dalam laporannya Kadishub Kota Jambi M. Saleh Ridha, S.STP, mengungkapkan bahwa adanya CFN bertujuan untuk memberikan wahana ruang publik yang bebas polusi dan kendaraan, sehingga masyarakat dapat menikmati kawasan Tugu Keris dengan nyaman.

Selain itu menurut Kadis termuda di Kota Jambi tersebut, CFN yang dilaksanakan mulai pukul 18.00 sampai 23.00 tersebut, juga akan memberi ruang kepada berbagai komunitas masyarakat untuk menampilkan kreatifitasnya secara cuma-cuma.

Area publik yang berada dipusat pemerintahan Kota Jambi tersebut, diyakini akan menjadi trend gaya hidup baru dan akan menjadi magnet berkumpulnya masyarakat di kawasan tersebut. Untuk seterusnya, setiap malam Minggu kawasan Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo akan di fungsikan sebagai kawasan bebas kendaraan dan tempat hiburan baru bagi masyarakat Kota Jambi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam sambutannya.

“Kawasan Car Free Night ini adalah salah satu inovasi kami yang bertujuan untuk memberikan wadah penyaluran bakat dan seni kretifitas masyarakat Kota Jambi. Banyak manfaat positif yang dapat kita peroleh. Selain menghindarkan generasi muda dari berbagai hal negatif, tempat ini akan memberikan hiburan gratis bagi warga,” sebut Fasha.

Fasha pun berharap agar kawasan yang tentunya akan bebas dari polusi udara tersebut, dapat menjadi alternatif hiburan keluarga yang murah meriah dan dapat dijangkau oleh semua warga.

“Kawasan CFN Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo ini akan menjadi wadah ekspresi kreatifitas masyarakat Kota Jambi. Penggiat seni, budaya, serta berbagai kelompok masyarakat dapat memanfaatkan ruang publik ini untuk berekspresi dan berkreatifitas. Bahkan tempat ini dapat menambah nilai tambah bagi ekonomi masyarakat. Peluang usaha baru dapat tumbuh disini,” jelas Fasha.

Wali Kota Fasha menjelaskan pul bahwa dimasa kepemimpinanya, dirinya memang “terobsesi” untuk menyediakan banyak tempat wisata gratis untuk masyarakat Kota Jambi.

“Taman Jomblo ini telah tercatat sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang ada di Kota Jambi. Selain berbagai taman yang telah ada, Taman Arena Remaja sudah kita adakan pentas seni gratis setiap malam minggu. Kedepannya akan kami bangun berbagai tempat wisata di lainnya Jambi, seperti jogging track di Danau Sipin. Kawasan Danau Sipin akan kita jadikan konsep Water Front City. Akan ada air mancur menari ditengah danau, ada jet ski, banana boat dan lainnya,” pungkas Wali Kota Fasha.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top