Berita Pemerintah Kota Jambi

Diberikan Kursi Roda Gratis dari Gaji Wali Kota Fasha, Dimas dan Wulan Teteskan Air Mata

JAMBI – Komitmen Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha memberikan layanan kesehatan bagi warganya seakan tak pernah henti. Selain dengan memberikan kemudahan layanan berobat gratis dengan SKTM, peningkatan infrastruktur dan pelayanan Puskesmas,  program layanan kesehatan dirumah (Home Care), Wali Kota juga meluncurkan program berbagi kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas yang dibiayai secara pribadi dari gajinya sebagai Wali Kota.

Baginya, warga penyandang disabilitas harus diberikan motivasi untuk dapat menggali potensi diri. Karena tidak sedikit dari mereka memiliki kompetensi dan kreativitas. Oleh karenanya selain dukungan moril dari keluarga terdekat, pemberian kursi roda gratis dari Wali Kota Jambi itu diharapkan dapat membangun spirit untuk hidup mandiri.

Program pemberian kursi roda gratis itu pun kini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Diantaranya seperti tampak saat Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda di 2 lokasi yang berbeda dalam Kota Jambi, Rabu kemarin (1/3). Dilokasi pertama, tampak suasana haru saat Fasha menyerahkan bantuan kursi roda kepada Dimas Anugerah Saputra, warga RT 03 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Danau Sipin. yang telah lama menderita stroke.

Penyakit tersebut membuat Dimas tidak berdaya. Terlebih karena kondisi ekonomi yang memprihatinkan, sehingga ia pun juga tidak mampu membeli kursi roda sendiri.

Tangis Sarina, Ibu Dimas langsung pecah, saat kedatangan Wali Kota Fasha yang meyerahkan bantuan kursi roda gratis tersebut. Ia pun semakin terharu saat Wali Kota Fasha langsung membantu mendudukan Dimas diatas kursi roda itu.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Wali, tidak pernah kami mimpi dan membayangkan dapat kursi roda ini, sekali lagi terima kasih pak Wali, ” tutur Sarina dengan mata berkaca-kaca.

Dialog singkat antara keluarga itu dengan Wali Kota diakhiri dengan doa dan motivasi yang disampaikan Wali Kota Fasha. Ia minta Dimas lebih semangat dan percaya diri dan belajar hidup mandiri. 

“Semoga kursi roda ini dapat membantu mobilitas Dimas  dan terus semangat melatih diri agar dapat berjalan kembali seperti semula,” ujar Fasha.

Sementara itu, di lokasi yang berbeda, suasana haru yang sama pun tampak saat Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda kepada Wulandari (27), yang juga menderita kelumpuhan tiba-tiba. Cerita kelumpuhan Wulandari berawal pada tahun 2003 dikala dirinya duduk di kelas 2 SMP.

Orangtua Wulandari, Hidayat turut haru menyambut kedatangan Wali Kota dikediamannya yang sangat sederhana dikawasan Kelurahan Paal Lima Kecamatan Kotabaru. Dengan berasahaja Hidayat menuturkan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Syarif Fasha.

Sebagaimana diketahui Wali Kota Syarif Fasha banyak menginisiasi berbagai kegiatan sosial yang dibiayai sendiri. Ia sengaja tidak mengambil gajinya sejak menjadi Wali Kota. Seluruh gajinya tersebut diperuntukkan membantu biaya pendidikan warga kurang mampu, selain juga untuk berbagai kegiatan sosial lainnya termasuk bantuan kursi roda gratis ini.  
Kedua penerima bantuan kursi roda tersebut telah menambah daftar penerima manfaat dari bantuan pribadi Wali Kota Syarif Fasha. Bantuan tersebut juga telah memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk terus berbagi dengan sesama. Fasha juga mengapresiasi warganya yang aktif menginformasikan kondisi warganya yang membutuhkan bantuan.

“Tidak sedikit diluar sana, masih banyak saudara kita penderita disabilitas yang belum tersentuh oleh bantuan ini. Oleh karena itu, partisipasi dari tetangga dan masyarakat sekitar untuk dapat berkordinasi dengan aparat kelurahan dan kecamatan sangat kita harapkan. Karena hal inilah yang bisa kita penuhi saat ini,” ujar Fasha.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top