Berita Pemerintah Kota Jambi

Fasha : Ancaman Apapun Terhadap NKRI Tidak Akan Terjadi, Jika Pramuka Digalakkan

Jambi – Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda penerus bangsa, senantiasa mendapat tempat istimewa di Kota Jambi. Komitmen untuk terus menjadikan gerakan Pramuka sebagai pemacu motivasi dan wadah berkreasi secara positif, terus di galakkan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam kepemimpinannya membangun Kota Jambi.

Hal tersebut tampak nyata saat Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjadi pembina Apel Besar Hari Pramuka ke-56 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Jambi Tahun 2017 (22/9). Bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi, upacara yang berlangsung khidmat dan sukses tersebut, dihadiri ribuan Pramuka Penggalang SD, Penggalang SMP, Penegak Bantara, Penegak Pandega, Pembina, Kamabigus, Kamabiran, Kakwaran dan seluruh Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jambi.

Wali Kota Fasha yang juga sebagai
Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Jambi, pada upacara tersebut membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka DR. Adhyaksa Dault, yang berisi seruan kepada seluruh generasi muda yang tergabung dalam gerakan Pramuka, untuk senantiasa menjadi generasi muda yang kekinian, cinta tanah air dan  bangga akan bangsanya.

“Gerakan Pramuka adalah gerakan yang menanamkan nilai semangat perjuangan pada generasi muda sejak dini, oleh karena itu semangat perjuangan juga harus kita arahkan untuk membangun daerah dan bangsa, dimulai dari diri sendiri dan dari sekarang, guna menciptakan generasi terbaik dimasa yang akan datang,” Sebut Fasha membacakan amanat Kakwarnas.

Fasha juga mengajak gerakan Pramuka untuk senantiasa berkreasi, berkarya, kreatif dan produktif, sedari dini menanamkan nilai semangat membangun dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Gerakan Pramuka adalah momen dan kesempatan terbaik dalam mengisi masa remaja. Oleh karena itu, gunakanlah kesempatan berharga ini dengan baik, cari ilmu dan pengetahuan sebanyaknya, bangun koneksi untuk masa depan, serta tanamkan karakter yang tangguh dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Masa depan adalah milik kalian yang mempersiapkan sejak dini,” pesan Fasha.

Bagi Fasha, pendidikan kepramukaan, selain menjadi wadah untuk membangun karakter dan determinasi anggota pramuka, gerakan pramuka juga bermanfaat untuk mempersiapkan generasi pramuka menjadi pemimpin masa depan, garda terdepan penjaga Pancasila dan NKRI.

“Apel Besar hari pramuka ke-56 ini adalah wadah apresiasi bagi gerakan Pramuka di Kota Jambi. Selain itu, kegiatan ini mengajarkan budaya kepada anak-anak kita untuk lebih solid, kompak dan bersatu dalam gerakan pramuka. Kedepannya gerakan kepramukaan akan terus digalakkan di sekolah-sekolah. Dengan demikian kita akan yakin dimasa yang akan datang, ancaman apapun terhadap NKRI tidak akan terjadi, jika Pramuka digalakkan di tiap sekolah sedari dini,” tambah Fasha.

Apel Besar Hari Pramuka ke-56 Kota Jambi tersebut juga diisi dengan kegiatan penyerahan Lencana Jasa Kepramukaan kepada Ketua Kwaran, Kamabigus, pembina, pengurus, serta sekolah berprestasi dalam menggalakkan kegiatan kepramukaan di Kota Jambi. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan piala lomba kepramukaan tingkat Kota Jambi. Wali Kota Fasha langsung menyematkan tanda jasa tersebut dan menyerahkan secara langsung piala kepada para pemenang.

Apel besar tersebut makin semarak dengan penampilan berbagai atraksi. Selain drumband dari berbagai sekolah dan penampilan polisi cilik (Pocil) SDN 01 Kota Jambi binaan Satbrimobda Jambi, atraksi menarik juga ditampilkan oleh para Pramuka SMAN 8 Kota Jambi yang menampilkan atraksi kolosal semapur membentuk angka 56, membaca puisi dan keterampilan kepramukaan lainnya.

Sebagaimana diketahui, dedikasi dan komitmen Wali Kota Fasha dalam memajukan gerakan Pramuka di Kota Jambi memang patut mendapat apresiasi. Selain banyak memfasilitasi berbagai kegiatan kepramukaan di Kota Jambi, Wali Kota Fasha juga telah memberikan porsi anggaran yang proporsional dalam APBD Kota Jambi. Melalui kebijakan anggarannya, Fasha telah mengalokasikan dana hibah yang cukup besar bagi Kwarcab Kota Jambi, yaitu senilai 1,125 Milyar pada tahun 2016 lalu dan sebesar 1,3 Milyar Rupiah pada tahun 2017 ini. Alokasi anggaran Pemerintah Kota Jambi untuk kegiatan kepramukaan tersebut adalah yang terbesar di Provinsi Jambi.

Oleh karenanya, atas jasanya dalam mengembangkan dunia kepanduan Pramuka di Kota Jambi, Wali Kota Fasha penerima Lencana Dharma Bhakti Bidang Pramuka ditahun 2015 lalu, kembali meraih apresiasi dari pemerintah pusat. Wali Kota Fasha dinobatkan sebagai peraih Lencana Melati Emas Pramuka dari Presiden RI Jokowidodo yang diserahkan disela-sela acara Upacara Hari Pramuka ke-56 di Cibubur, Jawa Barat pada bulan Agustus lalu.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top