Berita Pemerintah Kota Jambi

Kota Jambi masuk 25 besar Gerakan Menuju 100 Smart City

Bertempat di Pusat TIK Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Ciputat, telah dilaksanakan Asessment Gerakan Menuju 100 Smart City. Pada Asessment ini dihadiri dan diikuti Kabupaten/Kota di Indonesia. Kota Jambi merupakan salah satu peserta.

Kota Jambi dinyatakan lulus seleksi masuk 25 kota/kabupaten yang terpilih untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City. 

Demikian Direktur Jenderal Aplikasi lnformatika, Kementerian Komunikasi dan lnformatika melalui Nomor S.204/KOMINFO/DJAI/A1.01.05/04/2017 Tanggal 5 Mei 2017, perihal Undangan Penilaian (Assessment) dan hasil Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City yang telah diselenggarakan di Ciputat, tanggal 2-3 Mei 2017.

“Penetapan/Keputusan dua puluh lima (25) Kota/Kabupaten peserta Gerakan Menuju 100 Smart City bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Sejumlah kementerian didukung oleh Bappenas dan Kantor Kepresidenan Republik Indonesia sepakat untuk menginisiasi gerakan 100 Smart City di Indonesia. Gerakan ini dimulai dengan 25 kota/kabupaten yang dipilih untuk mengikuti program ini.

Pada proses assessment ini, Kominfo melibatkan 19 tim ahli yang akan membantu menilai kesiapan tiap daerah dalam melakukan inisiatif smart city, sekaligus memberikan pengarahan kepada pemerintah daerah untuk menyusun roadmap dan mengimplementasikan inisiatif smart city. 

Harapannya, pada tahun 2019 nanti, akan ada 100 pemda di Indonesia yang telah berhasil mengimplementasikan smart city.“Transformasi digital tidak cuma terjadi di sektor swasta, namun juga terjadi di pemerintah dan masyarakat,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan dalam keterangan tertulis.

Dirjen Aptika Kemkominfo juga menekankan, program ini akan mendorong inisiatif smart city ke pemerintah daerah. Hal ini dikarenakan inisiatif terkait smart city ini akan disesuaikan dengan keunggulan maupun kebutuhan tiap daerah. Dengan proses assesment ini, diharapkan tiap daerah bisa dengan jelas mengidentifikasi kebutuhan daerahnya, dan kemudian membuat blueprint smart city sesuai kebutuhan tersebut.

Berikut kabupaten Kota yang dinyatakan lolos seleksi menuju gerakan 100 smart city di Indonesia:

1. Semarang

2. Banyuwangi

3. Badung

4. Makassar

5, Gresik

6. Purwakarta

7. Tangerang Selatan

8. Sukabumi

9. Bekasi

10.Samarinda

11.Tangerang

12.Banyuasin

13.Bandung

14.Sleman

15.Kota Bogor

16.Siak

17.Kota Jambi

18.Cirebon

19.Bojonegoro

20.Kutai Kartanegara

21.Singkawang

22.Tomohon

23.Pelalawan

24.Mimika

25.Sidoarjo

Pada akhirnya, inisiatif itu pun akan mewujud pada perbaikan kualitas hidup warga dan kotanya.Adapun sejumlah kementerian yang terlibat dalam Gerakan Menuju 100 Smart City ini antara lain adalah Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementrian UKM.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top