Berita Pemerintah Kota Jambi

Kota Jambi masuk dalam 25 kota besar binaan Smart City Indonesia

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Jambi Smart City yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi, Senin (17/07).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Plh. Sekda Kota Jambi H.Obliyani, S.Sos, ME tersebut dihadiri unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan, Kepala Puskesmas dilingkup Pemerintah Kota Jambi, serta Dewan Smart City Kota Jambi yang terdiri dari Seluruh Kepala OPD Kota Jambi, unsur DPRD Kota Jambi serta para akademisi dari perguruan tinggi terkait.

Dalam laporannya Kepala Diskominfo Kota Jambi Drs. Nirwan, ME mengatakan bahwa yang melatar belakangi diadakannya kegiatan tersebut karena Kota Jambi telah dinyatakan lulus pada assessment yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang menyatakan Kota Jambi masuk dalam 25 kota besar binaan Smart City Indonesia.

“Alhamdulillah, Kota Jambi lulus assessment dan menjadi kota binaan Smart City Indonesia dari Kementerian Kominfo. Oleh karenanya sebagai implementasi dari hal itu, diselenggarakan kegiatan ini guna mensosialisasikan Gerakan Menuju 100 Smart City,” ujar Nirwan.

Nirwan menambahkan, sosialisasi itu ditujukan kepada ASN Pemkot Jambi, Dewan Smart City Kota Jambi, Akademisi dan para stakeholder terkait lainnya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan tim pelaksana dalam menyusun master plan Smart City Kota Jambi, dengan pendamping atau pembimbing Heri Sutrisno dari IKTII dan Ivan Syahreza asisten pembimbing dari Kemkominfo RI.

Nirwan juga menjelaskan, kegiatan dalam merumuskan kebijakan strategis dalam mempercepat terwujudnya program Quick Win Smart City di Kota Jambi itu akan berlangsung dalam 4 tahap.

“Tahap pertama berlangsung pada tanggal 17 sampai dengan 19 Juli 2017, tahap kedua pada 8 sampai dengan 9 Agustus 2017, tahap ketiga pada 7 sampai dengan 8 September 2017 dan terakhir tahap keempat akan berlangsung pada 17 sampai dengan 18 Oktober 2017,” jelas Nirwan.

Sementara itu, Wali Kota Jambi dalam sambutannya yang dibacakan Plh. Sekda Kota Jambi H. Obliyani, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Kominfo yang telah menetapkan Kota Jambi sebagai kota binaan Smart City Indonesia. Obliyani juga menyampaikan apresiasinya kepada instansi dan stakeholder terkait sebagai peserta dalam bimtek tersebut.

Obliyani berharap Smart City diharapkan mampu mendukung terwujudnya solusi massif dan kompleksitas masalah pembangunan khususnya kawasan perkotaan yang memang membutuhkan strategi dan penanganan yang optimal.

“Kehadiran Smart City ini diharapkan dapat menjadi energi tambahan dalam mengakselerasi solusi dan pencegahan permasalahan perkotaan yang pada gilirannya akan mewujudkan kehidupan yang sejahtera, nyaman dan berkelanjutan,” jelasnya.

Pada kegiatan di tahap pertama ini, Dewan Smart City Kota Jambi yang didampingi dan dibimbing Kemkominfo telah melahirkan visi, misi, analisis SWOT dan satu program unggulan atau Quick Win dari Kota Jambi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top