Berita Pemerintah Kota Jambi

Kumpulkan SKPD, Evaluasi dan Efektifkan Penanganan Banjir, Fasha : Bila Perlu Saya Lakukan Diskresi Untuk Itu

JAMBI – Tak ada kebiasaan membuang waktu bagi satuan kerja perangkat daerah di Pemerintah Kota Jambi, meskipun di hari libur. Terlebih lagi saat ini beberapa kawasan di Kota Jambi masih dilanda musibah banjir. Hal itu tampak saat Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha mengumpulkan stafnya di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Minggu pagi, (19/3).

Wali Kota Syarif Fasha mengatakan meskipun hari libur, ASN Pemkot Jambi harus tetap bekerja khususnya instansi terkait penanggulangan bencana yang saat ini sedang melanda kota Jambi.

Fasha minta, semua sumber daya Pemerintah Kota Jambi harus tetap dioptimalkan guna melakukan penanggulangan bencana, memberikan pelayanan, dan penyelamatan warga yang terdampak banjir. Ruang pengabdian pun tidak hanya terbatas formalitas, ia tegaskan dalam kondisi siaga, stafnya harus bahu membahu melakukan semua upaya meskipun bukan tupoksinya.

“Ruang pengabdian itu begitu besar, tak ada waktu libur bagi kita, saya minta semua sumber daya Pemerintah Kota Jambi dioptimalkan, termasuk semua ASN. Saya tegaskan semua pegawai Pemkot turut mengambil peran membantu saudara-saudara kita korban banjir paling tidak di dekat tempat tinggalnya masing-masing,” tegas Fasha saat membuka Rakor.

Setelah selama 7 hari ini Fasha turun langsung meninjau dan menyalurkan bantuan ke lokasi banjir, kini ia kembali memanggil stafnya guna melakukan evaluasi serta langkah-langkah penting lainnya terkait penanganan korban banjir di Kota Jambi.

Fasha memanggil Staf Ahli SDM dan Kemasyarakatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Direktur PDAM, Direktur RSUD H. Abdul Manap, serta para Camat se-Kota Jambi.

Selain meminta semua satuan kerjanya melaporkan hasil penanganan di lapangan, Fasha juga kembali menegaskan instruksinya terkait penanganan korban terdampak banjir tersebut.

Dalam arahannya, Wali Kota Fasha kembali menegaskan kepada jajarannya, agar disetiap posko, harus ada jaminan dari pemerintah. Yaitu seperti jaminan kebutuhan pokok, jaminan makanan serta lauk pauk, jaminan penerangan, air bersih, kesehatan serta jaminan keamanan. Ia juga minta agar Dinas PU menyiagakan alat berat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Disetiap tenda-tenda pengungsian, juga didirikan posko terpadu, disitu harus ada tenaga kesehatan, Tagana, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan, satpol PP, serta instansi terkait lainnya,” ujar Fasha.

Fasha juga kembali menegaskan, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, harus cepat melakukan langkah-langkah penyelamatan khususnya pemenuhan kebutuhan logistik. Fasha minta agar jajarannya mengambil langkah cepat dan tepat jangan sampai hal-hal yang formalitas menghambat penanganan dilapangan.

“Ini kita dalam kondisi bencana, semua masyarakat harus cepat dilayani, jangan sampai hal-hal yang formalitas mengakibatkan terlambatnya penanganan kepada masyarakat, bila perlu saya lakukan diskresi untuk itu,” tegas Fasha.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top