Berita Pemerintah Kota Jambi

Lagi, Ke 3 Kalinya Wali Kota Jambi Raih Government Award

JAMBI – Berbagai inovasi dan kreatifitas yang terus dilakukan Wali Kota H.Syarif Fasha kembali mengharumkan nama baik Kota Jambi di kancah nasional.

Baru saja berhasil masuk 30 besar sebagai kepala daerah berpengaruh dengan inovasi Bangkit Berdayanya dari 7000 kabupaten/kota sedunia, kini Wali Kota Jambi Syarif Fasha dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik dengan inovasi Layanan Kesehatan.

Hal tersebut mengemuka melalui surat penetapan peraih inovasi Government Award tahun 2017 dari media massa terkemuka Sindo Weekly Magazine (MNC Media Group).

Dalam siaran persnya, Kamis (23/3), Ian Aangga selaku panitia pelaksana, menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha sebagai salah satu kepala daerah yang kreatif dan inovatif. Terlebih lagi Wali Kota Jambi adalah satu-satunya kepala daerah di Provinsi yang dinyatakan lulus seleksi oleh para pakar.

“Setelah dilakukan penilaian sepanjang tahun 2016 lalu, tim ahli dan pakar dari berbagai bidang keahlian menetapkan Bapak H. Syarif Fasha, ME, Wali Kota Jambi sebagai kepala daerah yang kreatif dan inovatif dengan inovasi layanan kesehatannya. Dan beliau satu-satunya kepala daerah inspiratif dari Provinsi Jambi yang berhasil meraih anugerah Government Award tahun ini. Apa yang dilakukannya juga dapat menginspirasi kepala daerah lain,” terang Ian.

Ian menambahkan, anugerah Government Award 2017 tersebut akan diserahkan secara langsung oleh Mendagri RI Tjahjo Kumolo, Menteri KPDT Eko Putro Sandjojo, Ketua DPD RI Mohammad Saleh serta Hary Tanoesoedibjo selaku CEO MNC Group pada tanggal 3 April mendatang di Jakarta.

Ditempat terpisah, Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar, menjelaskan bahwa anugerah Government Award tersebut adalah yang ke 3 kalinya berhasil diraih Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

“Penghargaan ini adalah yang kali ke-3 kalinya, beturut-turut diraih Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Setelah sebelumnya ditahun 2015 kita telah meraih penghargaan yang sama untuk kategori Kreatifitas Peningkatan PAD, semantara pada tahun 2016 kita juga berhasil meraih Government Award untuk kategori Tata Kelola Pemerintahan (Good Governance). Dan Alhamdulillah, kali ini Wali Kota Syarif Fasha kembali lagi terpilih sebagai kepala daerah inspiratif di Indonesia dengan Inovasi Layanan Kesehatan Terbaik,” ujar Abu Bakar diruang kerjanya, Jumat (24/3).

Ia menambahkan, penghargaan atas inovasi layanan kesehatan tersebut adalah bukti pengakuan kinerja terhadap berbagai inovasi dan kreatifitas yang telah banyak dilahirkan Wali Kota Syarif Fasha dalam pemberian layanan kesehatan masyarakat.

“Berbagai inovasi dan kreatifitas Wali Kota Syarif Fasha dalam aspek layanan kesehatan masyarakat diantaranya, pendelegasian kewenangan penerbitan SKTM oleh Ketua RT bagi masyarakat untuk berobat gratis di fasilitas kesehatan milik pemerintah, pembenahan sarana dan prasarana serta peningkatan status Puskesmas, peningkatan sarana dan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manap, layanan kesehatan di rumah (Home Care), Klinik Lansia, Wisuda ibu hamil dan balita, program kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas, dan program penanggungan biaya pengobatan lanjutan/rujukan gratis di luar Provinsi Jambi bagi pasien dan keluarganya,” terang Abu Bakar.

Sebagaimana diketahui, dalam berbagai event nasional, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha kerap menerima penghargaan termasuk dibidang inovasi daerah. Peraih Kstaria Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan RI itu juga berhasil meraih penghargaan TOP 25 untuk inovasi Layanan Klinik Lansia dari Kementerian PAN-RB. Inovasi Layanan Klinik Lansia itu juga kini diikutsertakan dalam penilaian inovasi internasional yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.

 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top