Berita Pemerintah Kota Jambi

Muliakan Bulan Rajab, Wali Kota Fasha Hadiri Peringatan Isra Miraj dan Buka MTQ Tingkat Kelurahan

JAMBI – Bulan Rajab salah satu bulan mulia, yang didalamnya terjadi momentum Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Peringatan peristiwa itu pun menggema di seluruh penjuru dunia tak terkecuali di Kota Jambi.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha pun turut merayakan peristiwa penting dalam Islam itu bersama masyarakat di Kota Jambi. Hal tersebut setidaknya tampak pada Jumat malam (14/4) saat Wali Kota Jambi itu hadir di Masjid Istiqomah Kelurahan Sungai Asam Kecamatan Pasar Jambi dan dan Masjid Baitul Mukminin Kelurahan Lingkar Selatan Kecamatan Paalmerah yang juga dirangkai dengan peringatan MTQ Tingkat Kelurahan Lingkar Selatan.

Pada kegiatan pembukaan MTQ Tingkat Kelurahan Lingkar Selatan, Wali Kota Fasha yang didampingi Asisten Pemerintahan H. Mukhlis A Muis, tampak sangat mengapresiasi semangat masyarakat didaerah tersebut yang telah melaksanakan kegiatan MTQ Tingkat Kelurahan untuk pertama kalinya.

“Kegiatan MTQ ini memiliki tujuan mulia yaitu mensyiarkan seluasnya ajaran agama Islam, memberantas buta aksara Al-Quran, membumikan Al-Quran di Kota Jambi, dan kita harapkan dapat mencetak generasi-generasi Qurani. Ini yang sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi saat ini. Kegiatan ini juga selaras dengan Visi dan Misi Kota Jambi yang kita usung untuk menciptakan masyarakat Kota Jambi yang maju berakhlak dan berbudaya,” ujar Wali Kota Fasha.

Fasha juga menambahkan bahwa MTQ tersebut selain dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran, juga sebagai sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah masyarakat yang ada di Kecamatan Paal Merah.

“Biasanya kegiatan MTQ selain sebagai wahana syiar Islam yang khas di Kota Jambi, juga melahirkan semangat sosial keagamaan dan gotong royong bagi masyarakat, karena hajat besar ini dipersiapkan dan dikerjakan bersama,” tambahnya.

Dihadapan ratusan kafilah, Fasha juga mengingatkan agar mengikuti MTQ tersebut dengan ikhlas dalam rangka ibadah dan juga mempererat tali ukhuwah antar sesama kafilah. Kegiatan yang digelar selama 3 hari itu diikuti 410 orang kafilah.

Pembukaan MTQ yang memperlombakan 11 cabang perlombaan yakni, tilawah quran, tartil quran, syahril quran, fahmil quran, khottil quran, hafalan surat pendek, lomba azan, rebana dan kompangan, memandikan jenazah, lomba asmahul husna serta lomba barzanji, tampak meriah.

Sementara itu, saat menghadiri perayaan Isra Miraj di Masjid Istiqomah Kelurahan Sungai Asam, kehadiran Wali Kota Fasha disambut antusias oleh masyarakat, kedatangan Fasha diiringi tetabuhan rebana dan lantunan shalawat.

Dalam sambutannya Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat kelurahan Sungai Asam yang telah menyemarakkan masjid untuk memperingati peristiwa maha agung bagi umat Islam tersebut.

“Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengagungkan dan menyemarakkan perayaan penting kisah perjalanan Rasulullah bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah shalat 5 waktu. Banyak makna dan hikmah penting dari perayaan ini yang dapat terus kita ambil dalam menjalankan hidup di dunia ini dengan baik,” terang Fasha.

Turut hadir pada malam peringatan Isra Miraj di Masjid Istiqomah tersebut, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Jambi, dr. H. Maulana, Camat Pasar Jambi Mustari Affandi, para lurah dan Ketua RT se-Kecamatan Pasar Jambi. 

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.

 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top