Uncategorized

Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Jambi Berlangsung Sukses

JAMBI – Puncak Peringatan HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71 dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ke-616 dilaksanakan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi yang berlangsung khidmat Rabu pagi (17/5).

Rapat Paripurna Istimewa yang dibuka Ketua DPRD Kota Jambi H. M. Nasir yang dihadiri seluruh anggota dewan kota Jambi tersebut turut dihadiri Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, Ketua Komisi X DPR-RI Sutan Adil Hendra, sejumlah Anggota DPR-RI dan DPD-RI dapil Provinsi Jambi, jajaran Forkompinda Provinsi Jambi dan Kota Jambi, serta para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi dan se-Sumbagsel, jajaran Pemerintah Kota Jambi serta kalangan pelajar berprestasi.

Dalam sambutan pembukanya Ketua DPRD Kota Jambi M. Nasir, mengatakan bahwa momen istimewa tahunan Kota Jambi tersebut, selain sebagai media merefleksikan perjalanan pembangunan Kota Jambi, juga didedikasikan sebagai ajang apresiasi dan penghargaan terhadap prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Jambi dibawah duet kepemimpinan H. Syarif Fasha dan H. Abdullah Sani setahun belakangan, termasuk kepada segenap masyarakat Kota Jambi.

Pada kesempatan tersebut, juga dibacakan berbagai prestasi yang telah berhasil diperoleh oleh para pelajar, atlet dan masyarakat Kota Jambi yang telah mengukir prestasi di tingkat provinsi, nasional, maupun level internasional. Apresiasi juga diberikan kepada Camat Teladan Kota Jambi yang diraih Camat Jambi Timur Rahmat Sugiharto, serta juga kepada para Kepala Kantor Urusan Kecamatan (Kuakec) yang berhasil melaksanakan program penanaman pohon terbanyak bagi pasangan yang akan menikah diwilayahnya.

Dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan mobil perpustakaan keliling dan buku perpustakaan dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota Jambi yang diserahkan oleh Ketua Komisi X DPR-RI Sutan Adil Hendra.

Selain itu juga turut diserahkan sertifikat hak pakai atas tanah seluas 50.000 meter persegi bagian dari kompleks perkantoran Wali Kota Jambi yang dihibahkan dari Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kota Jambi yang prosesnya sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu. Gubernur Zumi Zola atas nama Pemerintah Provinsi Jambi menyerahkan sertifikat tersebut langsung kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha atas nama Pemerintah Kota Jambi.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam pidato tanpa teks yang disampaikannya selama 1 jam lebih dalam Rapat Paripurna itu banyak mendapat apresiasi peserta rapat dan undangan. Wali Kota Fasha tampak tampil percaya diri, dengan akurat dan detail menyampaikan progres pembangunan Kota Jambi selama kurun waktu 1 tahun terakhir. Riuh rendah tepuk tangan pun terdengar menggema digedung rakyat itu saat apresiasi diberikan kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Wali Kota yang dikenal dengan segudang prestasi dan inovasi itu juga menjelaskan secara detail program pembangunan unggulannya. Selain menyampaikan capaian pembangunan infrastruktur yang maju pesat, Fasha juga menyampaikan kreasi dan inovasinya yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Dari aspek kesehatan, Fasha menjelaskan berbagai inovasinya, seperti One PUSKESMAS One Inovation ; Mobile Care ; Klinik Lansia ; Call Center 119.

Bersamaan dengan itu, Pemerintah Kota Jambi juga terus menyiapkan anggaran untuk pembayaran Premi hampir 25.000 masyarakat miskin dan juga pembayaran pengobatan pasien kurang mampu yang tidak ter-cover didalam program Penerima Bantuan Iuran atau PBI Pusat, termasuk dengan menggunakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu).

Selain meningkatkan status puskesmas Danau Teluk menjadi Rumah Sakit perawatan dan rujukan yang diberi nama RSU H. Abdurrahman Sayuti, Pemkot juga berhasil mewujudkan 17 unit puskesmas menjadi Puskesmas 24 jam, serta 3 Puskesmas menjadi Puskesmas rawat inap.

Wali Kota yang banyak meraih penghargaan atas kerja keras dan kerja cerdasnya itu, juga memaparkan dampak positif dan manfaat peran aktif Kota Jambi diberbagai organisasi internasinal.

“Banyak bantuan dan dana luar negeri yang mengalir untuk Kota Jambi, diantaranya Sewerage System yang hanya ada di Kota Jambi, Pekanbaru dan Makasar. Waste to energy yang akan dioperasionalkan di pasar Talang Banjar, juga akan menjadi percontohan di Indonesia dan internasional,” terang Fasha.

Dalam kesempatan itu, Fasha juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi, DPRD Kota Jambi serta segenap masyarakat yang turut berperan aktif mempercepat pembangunan Kota Jambi hinggga kota Jambi telah memasuki Era Kebangkitan yang saat ini telah menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Selain memuji kekompakan masyarakat khususnya para Ketua RT dalam turut mempercepat pembangunan Kota Jambi, Fasha juga mengungkapkan harapannya akan dukungan masyarakat disaat sisa waktu 1,5 tahun jabatannya membangun Kota Jambi.

“Peranan masyarakat dalam pembangunan Kota Jambi sangat menentukan. Tidak akan ada pembangunan tanpa peran dan dukungan dari masyarakat. Disisa waktu 1,5 tahun pemerintahan kami, mari kita bangun sinergi seluruh masyarakat dan stakeholder untuk terus bahu membahu membangun Kota Jambi lebih baik lagi,” ajak Fasha.

Menurut Fasha, target pembangunan Kota Jambi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama 5 tahun, berdasarkan data statistik telah berhasil dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun kepemimpinannya. Sehingga sisa waktu kepemimpinan dirinya akan difokuskan untuk membangun sarana utilitas lainnya, seperti bangunan pemerintah yang perlu direnovasi, dan difokuskan untuk membangun sarana wisata di Kota Jambi.

“Disisa kepemimpinan kami bersama Pak Wawako, kami ingin merubah wajah kota ini agar lebih estetis, sehingga masyarakat merasakan pembangunan. Kami tidak hanya akan membangun fisik, namun juga akhlak, kesehatan dan lainnya. Seluruhnya akan kami selesaikan,” janji Fasha.

Ditempat yang sama, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dalam sambutannya, selain menyampaikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Pemkot dan masyarakat Kota Jambi, baik di level nasional maupun internasional. Ia juga mengajak seluruh kepala daerah di Provinsi Jambi untuk membangun sinergitas dalam pembangunan.

“Mari kita bangun Provinsi Jambi dengan meningkatkan sinergitas antara Kabupaten / Kota dengan Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar Zola.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi dalam rangka HUT Pemerintah Kota Jambi ke 71 dan Hari Jadi Kota Jambi ke 616 itu, turut dihadiri pimpinan Parpol, Ormas, LSM, Pers, Tokoh Masyarakat, Camat dan Lurah serta Ketua RT se-Kota Jambi.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top