Berita Pemerintah Kota Jambi

Salurkan 1300 Paket Bantuan, Sy Fasha : Masyarakat Jangan Panik, Kami Akan Selalu Ada

JAMBI – Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha kembali turun lapangan menjumpai warganya yang terdampak banjir. Sudah tujuh hari ini berturut-turut Fasha meninjau dan memberikan bantuan kepada korban banjir sejak awal Maret lalu musibah itu melanda Kota Jambi.

Kamis (16/3), Wali Kota Fasha kembali menjumpai warganya sekaligus menyalurkan sebanyak 1300 paket bantuan untuk warga yang terkena dampak banjir tersebut. Fasha menyerahkan bantuan di tiga kecamatan sekaligus. Yakni Kecamatan Jambi Timur, Danau Sipin dan Kecamatan Telanaipura Jambi.

“Hari ini kembali saya melihat langsung keadaan warga kita di Kecamatan Jambi Timur, Danau Sipin dan Telanaipura. Disini juga sudah kita salurkan bantuan untuk 100 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Jambi Timur, 582 KK di Kecamatan Danau Sipin, dan 559 KK di Kecamatan Telanaipura. Jadi total kita salurkan sampai 1.300 paket bantuan untuk warga kami yang terkena musibah banjir,” ujar Fasha usai menyalurkan bantuan di Kelurahan Buluran, Kamis, (16/3).

Fasha juga mengatakan agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang karena Pemerintah Kota Jambi akan terus memantau perkembangan dan akan mengambil langkah-langkah  untuk menyelamatkan warganya.

“Saya minta agar warga Kota Jambi yang terdampak banjir bersabar dalam menghadapi cobaan ini dan tidak panik, percayalah kami akan selalu ada bersama warga. Doakan kami agar mampu membantu kita semua keluar dari cobaan ini, dan teruslah berkoordinasi dengan RT, Lurah dan Camat yang setiap saat memantau keadaan Bapak dan Ibu,” ujar Fasha.

Dihadapan warganya itu, Wali Kota Fasha juga memberikan motivasi serta juga berharap agar warga korban bencana banjir tersebut optimis serta tidak putus asa.

“Janganlah peristiwa ini melemahkan iman kita, dengan menyesali apa yang terjadi. Kita harus optimis dan menyadari bahwa ini adalah cobaan dan ingatlah bahwa Allah tidak akan mencoba kita diluar batas kemampuanya,” ingat Fasha.

Fasha mengatakan bantuan yang diberikan adalah bantuan tanggap darurat. Meskipun bantuan tersebut mungkin belum dapat menjawab kebutuhan masyarakat, namun Fasha berharap paling tidak bantuan itu dapat sedikit meringankan beban.

“Karena mungkin selama banjir ini tidak bisa bekerja maksimal karena sebagian masyarakat terpaksa harus berdiam dirumah termasuk juga menjaga anak-anaknya atau mungkin juga tanamannya seperti jagung, sayuran dan lain-lain rusak dan tidak bisa di panen akibat banjir ini,” kata Fasha.

Sebelumnya Wali Kota Fasha juga telah mengunjungi warganya dan menyerahkan bantuan di kecamatan Pasar, kecamatan Pelayangan dan kecamatan Danau Teluk.

Fasha juga mengatakan, Pemerintah Kota Jambi tidak hanya memberikan bantuan logistik makanan saja, namun juga memberikan bantuan seperti selimut, tempat tidur, tenda pengungsian, air bersih, penerangan serta tim medis yang akan memberikan layanan kesehatan 24 jam.

“Dalam situasi banjir ini, Puskesmas juga kita jadikan posko. Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan silahkan ke Puskesmas terdekat,” terang Fasha.

Wali Kota Fasha juga menghimbau kepada warga Kota Jambi ataupun pengusaha dan komunitas yang ingin memberikan bantuan.

“Kita juga mengetuk pintu hati masyarakat kita yang mampu agar juga turut peduli membantu warga kita yang membutuhkan bantuan akibat musibah banjir ini,” harapnya.

Wali Kota Fasha juga telah mensinergikan sumberdaya yang ada untuk melakukan optimalisasi penanggulangan bencana banjir tersebut. Ia juga telah memerintahkan jajarannya mulai dari SKPD terkait, Camat, Lurah hingga Ketua RT untuk intens memantau perkembangan dilapangan serta menghimbau warganya untuk waspada.

Untuk meminimalisir dampak banjir tersebut, selain menyerahkan bantuan serta menghimbau masyarakat untuk terus waspada, Fasha juga mengatakan bahwa instansinya telah mendirikan tenda-tenda darurat, dapur umum, air bersih dan layanan kesehatan di beberapa titik yang dibuka untuk umum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top