Berita Pemerintah Kota Jambi

Sinerjikan Program dan Persiapkan Lurah Menjadi KPA, Wali Kota Fasha Buka Rakor Camat dan Lurah se-Kota Jambi

JAMBI – Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha membuka secara resmi Rapat Koordinasi Camat dan Lurah Semester I se-Kota Jambi tahun 2017, Selasa (21/3).

Rakor Camat dan Lurah dengan tema Peningkatan Peran Kelurahan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Lokal Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat itu berlangsung di ruang pola kantor Wali Kota Jambi selama 2 hari dari tanggal 21 hingga 22 Maret 2017.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kinerja para Camat dan Lurah se Kota Jambi. Oleh karenanya Rakor Camat dan Lurah harus dimaknai sebagai forum evaluasi untuk lebih meningkatkan kinerja tersebut.

Fasha juga mengatakan Rakor Camat dan Lurah tersebut adalah agenda tahunan Pemerintah Kota Jambi dalam rangka mensinerjikan program pemerintah sekaligus sebagai forum evaluasi.

“Sekarang kan sudah masuk tri wulan pertama. Jadi saya akan lakukan evaluasi bagaimana kinerja para camat dan lurah pada triwulan ini,” ujar Fasha.

Fasha menambahkan, Rakor kali ini selain melakukan evaluasi dan membangun sinerji, juga akan fokus pada bahasan tentang pemberdayaan Lurah menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Pasalnya dalam waktu dekat ini, Lurah akan ditunjuk sebagai KPA. Hal itu dilakukan selain mengefektifkan perencanaan dan penggunaan anggaran, juga karena memang Lurah harus menjadi pejabat yang mengetahui bagaimana cara merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik.

“Saya ingin agar para lurah itu tahu bagaimana cara mengelola keuangan karena selama inikan PA (Pengguna Anggaran-red) ada pada Camat. Apalagi mungkin beberapa tahun yang akan datang, para lurah akan naik eselon. Jadi mulai saat ini Lurah tidak hanya harus bisa menghitung potensi wilayahnya, namun juga harus mampu merencanakan serta mengelola keuangannya,” tambahnya.

Fasha juga memuji koordinasi yang baik dan kekompakan yang telah ditunjukan para Camat dan Lurah dalam mensukseskan program pemerintah.

“Mari terus jaga kekompakan ini dalam melaksanakan program pembangunan serta pemberian pelayanan kepada masyarakat,” tambah Fasha.

Fasha juga menegaskan agar seluruh Camat dan Lurah dapat mengikuti keseluhan rangkaian kegiatan tersebut dengan baik.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan Setda Kota Jambi Hendi Sauky, S. Sos dalam laporannya menjelaskan bahwa Rapat Koordinasi Camat dan Lurah Se-Kota Jambi Semester I Tahun 2017 tersebut bertujuan guna meningkatkan kompetensi Camat selaku Kepala SKPD dan Lurah sebagai Perangkat Kecamatan dalam pengelolaan keuangan berbasis akrual.

Selain itu juga guna meningkatkan wewenang serta tanggung jawab Lurah selaku Kuasa Pengguna Anggaran di Kelurahan, serta juga guna menumbuh kembangkan keyakinan pada Camat dan Lurah, bahwa Kecamatan dan Kelurahan merupakan ujung tombak pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Termasuk juga lanjut Hendi, guna meningkatkan peran dan kemampuan Lurah dalam penyusunan perencanaan pembangunan Lokal dan Pemberdayaan masyarakat.

“Kita juga minta nantinya Camat untuk dapat mengevaluasi dan menilai kelurahan yang layak untuk menjadi pengelola keuangan dalam hal ini selaku KPA di kecamatan masing-masing dan meneruskan ke Walikota Jambi melalui BPKAD,” terang Hendi.

Hendi juga menjelaskan bahwa nara sumber yang akan mengisi Rakor tersebut selain dari dalam Kota Jambi juga akan mendatangkan khusus pemateri dari IPDN Jatinangor.

“Untuk materi tentang “Kedudukan dan Fungsi kelurahan berdasarkan Undang – undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, akan disampaikan oleh DR. Fernandes Simangunsong, SSTP,.SAP.,M.Si. tenaga pengajar dari IPDN Jati Nangor. Sementara untuk materi “Tata cara Penyusunan rencana Program dan kegiatan di Kelurahan” akan disampaikan oleh Dr. Donni Iskandar, S.Sos.,MT., Kepala Bappeda Kota Jambi. Sedangkan materi “Lurah Selaku Kuasa Pengguna Anggaran dalam pengelolaan Keuangan Kelurahan” akan disampaikan oleh Drs. Deki Subianda, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kota Jambi,” jelas Hendi.

Hadir dalam pembukaan Rakor itu para Staf Ahli Walikota, para Asisten, Kepala SKPD, Kabag serta Camat dan Lurah se Kota Jambi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top