MAL PELAYANAN PUBLIK PERTAMA DI JAMBI, HADIRKAN ONE STOP SERVICE BERBAGAI LAYANAN PUBLIK

21 Juni 2022

Diresmikan Oleh Deputi Pelayanan Publik Mewakili Menteri PANRB

JAMBI - Wali Kota Jambi Syarif Fasha berhasil menjawab harapan masyarakat atas kebutuhan berbagai layanan publik yang tersedia dan dilayani disatu gedung. Adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi, hadir untuk menyuguhkan berbagai layanan publik yang selama ini dilakukan dilokasi terpisah, kali ini semuanya bisa dilakukan hanya di satu gedung yang sama.

Senin pagi (20/6), MPP Kota Jambi diresmikan secara bersama oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPANRB), melalui Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB

Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA dan Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME. Prosesi peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemutaran video profil MPP Kota Jambi. Dikesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan dari Menteri PANRB untuk Wali Kota Jambi atas upayanya mewujudkan berdirinya MPP di Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jambi Syarif Fasha ungkapkan bahwa MPP merupakan upaya keras Pemkot Jambi untuk mewujudkan good governance dan clean government, salah satunya dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saat ini, dari 500 lebih pemerintah daerah kota/kabupaten, belum semua memiliki MPP. Alhamdulillah, Kota Jambi telah punya MPP. Semoga ini diikuti oleh daerah lain di Jambi dan Indonesia. MPP adalah bukti kuat bahwa kami ingin menghadirkan layanan yang efektif, profesional, akuntabel, disatu tempat, guna menguatkan integritas Pemkot Jambi dalam mewujudkan good govenrnance dan clean goverment. Ini adalah kebanggaan saya selaku kepala daerah dan menjadi legacy kami di Kota Jambi," ungkap Fasha dalam sambutannya.

Sementara itu, Menteri PANRB dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Kementerian, Rini Widyantini, memberikan apresiasi atas berdirinya MPP di Kota Jambi sekaligus yang pertama di Provinsi Jambi, Ia juga mengatakan bahwa layanan publik merupakan cermin dari reformasi birokrasi. Oleh karenanya, layanan publik memang harus berfokus pada upaya peningkatan kualitas layanan.

"Bapak Presiden menegaskan bahwa para penyelenggara publik agar tidak cepat berpuas diri pada pelayanan yang diberikan dan tidak boleh bekerja dengan cara yang biasa saja, melainkan harus mengubah cara berpikir, merespon dan bekerja, menjamin kinerja pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat. Hadirnya MPP memadukan pelayanan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan yang dapat membantu meningkatkan pelayanan publik yang cepat, tepat, aman dan terjangkau, dengan semangat integrasi dan kolaborasi antar seluruh stakeholder pelayanan dalam satu gedung MPP," jelasnya.

Senada dengan itu, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA kepada sejumlah awak media usai melakukan peninjauan gedung dan melihat proses pelayanan di MPP, turut mengungkapkan rasa bangganya atas hadirnya MPP Kota Jambi dalam melayani masyarakat.

"Kami sangat bangga dengan sudah diresmikannya MPP Kota Jambi. MPP ini yang ke-59 di Indonesia. Luar biasa, kami sangat bangga dengan komitmen dari Pak Wali Kota, Pak Wakil Wali Kota beserta seluruh jajaran dan juga dukungan DPRD. Karena ini sesuatu yang agak beda, gedungnya bener-bener gedung baru yang mana sebagian besar biasanya direnovasi. Jadi, tentunya membutuhkan perjuangan dari Pak Wali Kota dapat mengalokasi anggaran untuk membangun Mal Pelayanan Publik yang sangat representatif ini, luar biasa," ujarnya.

Pemerintah Kota Jambi sebelumnya telah melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan MPP dengan Kementerian PANRB pada tahun 2021 lalu. Komitmen tersebut dibuktikan dengan terwujudnya pusat pelayanan terintegrasi ke tengah masyarakat Jambi.

MPP Kota Jambi menjadi MPP ke-59 di Indonesia dan yang ke-9 di Pulau Sumatera, sekaligus yang pertama di Provinsi Jambi. Berada di kawasan kompleks perkantoran Kota Baru, MPP ini melayani 130 jenis layanan dari 31 instansi yang tergabung di dalamnya. Instansi tersebut terdiri dari organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi dan Kota Jambi, BUMN/D, serta instansi vertikal lainnya.

Sebelumnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi telah dioperasikan secara penuh setelah dilakukan soft opening oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, pada tanggal 17 Mei lalu, tepat dihari perayaan peringatan 76 tahun Pemerintah Kota Jambi dan sebagai rangkaian semarak 621 tahun hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Sejak dibuka untuk umum, kehadiran MPP Kota Jambi mendapat respon positif dari masyarakat. Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang mengurus layanan, MPP Kota Jambi menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang dapat digunakan. Beberapa diantaranya adalah tempat bermain anak, ruang laktasi, pojok baca, cafetaria, dan informasi publik.

Masyarakat Kota Jambi dan sekitarnya kini dapat berkunjung ke MPP ini setiap hari Senin hingga Jumat. Untuk hari Senin hingga Kamis, MPP ini beroperasi mulai pukul 08.00-15.00 WIB dengan jam istirahat pada pukul 12.00-13.00 WIB, sementara pada hari Jumat jam operasionalnya dimulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Adapun berbagai instansi yang tergabung dalam MPP Kota Jambi antara lain :

1. BPJS Ketenagakerjaan

2. BPJS Kesehatan

3. PT Taspen

4. Bank Jambi

5. PT PLN

6. PT POS

7. Baznas Kota Jambi

8. Kejaksaan Negeri Jambi

9. Pengadilan Negeri Jambi

10. Pengadilan Agama

11. Polresta Jambi

12. PDAM Tirta Mayang

13. Kantor Imigrasi

14. Samsat

15. Dinas ATR/BPN Kota Jambi

16. Kantor Pelayanan Pajak Jambi

17. Kementerian Agama Kota Jambi

18. BNN Kota Jambi

19. Bea Cukai

20. DPMPTSP Provinsi Jambi

21. DPMPTSP Kota Jambi

22. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jambi

23. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi

24. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jambi

25. Perpustakaan Kota Jambi

26. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi

27. Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi

28. Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Kota Jambi

29. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jambi

30. Lembaga Pengadaan Secara Elektronik Kota Jambi

31. BPOM