Berita Pemerintah Kota Jambi

Dispora Kota Jambi Mulai Seleksi Paskibraka

Postur Hingga Pengetahuan Jadi Penilaian

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) memulai seleksi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun 2018, Agustus mendatang. Rangkaian seleksi yang dibuka secara resmi oleh Asisten II Sekda Kota Jambi Erwansyah pada Senin (19/3) lalu itu diikuti sebanyak 584 pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA/Sederajat se-Kota Jambi.

Memasuki hari kedua, Selasa (20/3), seleksi berlangsung di lapangan Kodim 0415 / Batanghari dengan tim penilai dari Dispora Kota Jambi, Purna Paskibra Kota Jambi serta Kodim 0415/Batanghari.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, Moncar mengatakan pada seleksi tahap I diikuti oleh 584 peserta. Pada seleksi tahap I, peserta yang berhasil lolos untuk mengikuti tahap II sebanyak 265 orang peserta. Selanjutnya dari 265 peserta yang mengikuti seleksi pada tahap II tersebut rencananya akan diambil 70 orang peserta terbaik. “Sebanyak 40 orang peserta akan jadi pengibar di Kota Jambi, dan selebihnya akan diikutsertakan pada tingkat provinsi dan nasional,” ujar Moncar.

Moncar menambahkan, rangkaian seleksi tersebut meliputi 4 kategori penilaian, yaitu kesehatan, kesamaptaan, wawancara dan pantohir. Para peserta yang lolos juga akan mengikuti seleksi wawancara terkait bela negara, wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, pengetahuan kepaskibrakaan, dan kepramukaan. 

Menurut Moncar, seleksi yang dilakukan sangat ketat. Selain kondisi fisik, postur tubuh, bentuk mata, inner beauty juga intelektual pelajarnya. “Prosesnya akan berkelanjutan. Mereka akan mulai dibina sebelum pelaksanaan,” jelasnya.

Dengan ketatnya seleksi calon Paskibraka ini, diharapkan dapat menghasilkan Paskibraka terbaik dari pelajar Kota Jambi yang siap mengibarkan Sang Saka Merah Putih, baik ditingkat Kota, Provinsi maupun Nasional. “Targetnya ada yang dikirim ke Provinsi, bahkan langsung mengibarkan di Istana. Tentunya, ada kebanggan pemerintah dan keluarga jika  mewakili Kota Jambi,” pungkasnya.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

jambikota.go.id

Pemerintah Kota Jambi

Jl. Jend.Basuki Rahmat no.1 Kotabaru, Jambi - Indonesia 36128

Telp/Fax : (0741) 444 953

E-mail : diskominfo@jambikota.go.id.

Copyright © 2018 Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi

To Top